RSS Feed

Sekilas Wireless

Posted by WeBlogShare Label:

Jaringan komunikasi dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang mampu menghubungkan juga menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi diantara satu dengan yang lainnya. Adapun peralatan-peralatan dalam teknologi jaringan komunikasi yang berkembang pesat sampai saat ini salah satunya yaitu Wireless.

Wireless adalah jaringan komunikasi nirkabel, dimana jaringan komunikasi ini menggunakan gelombang radio atau frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat, dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.

Wireless ini bermacam-macam merk dan jenisnya, biasanya wireless sudah terpasang di dalam komputer (internal) ataupun sebagai tambahan (eksternal). Bahkan untuk komputer berjenis laptop yang sudah memasang logo Mobile Technology secara otomatis sudah terdapat perangkat wireless didalamnya. Untuk memanfaatkan wireless yang sudah ada di komputer atau memasangnya sebagai kartu jaringan, anda harus memiliki hub, switch, atau router yang sudah ada fasilitas wirelessnya. Consentrator-consentrator yang sudah mendukung fasilitas wireless ini kini sudah mulai banyak digunakan.

Jaringan tanpa kabel sebenarnya tidak sesulit sistem cable network, bahkan lebih mudah. Sistem wireless network tidak memerlukan penghubung cable antar komputernya. Bila jenis coaxial, UTP, maupun fiber optic cable memerlukan kabel sebagai media transfernya, maka dengan wireless network hanya dibutuhkan ruang atau space dimana jarak jangkau network dibatasi oleh kekuatan pancaran signal radio dari masing-masing komputer.

Keuntungan dari sistem wireless ini, pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar wireless. Untuk jarak pada sistem wireless mampu menjangkau area 100 feet atau radius 30 meter. Selain itu dapat juga diperkuat dengan perangkat khusus seperti booster yang berfungsi sebagai relay yang mampu menjangkau ratusan bahkan beberapa kilometer ke satu arah (directional).

0 komentar:

Post a Comment