RSS Feed

Hardware Wireless

Posted by WeBlogShare Label:

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa contoh dari hardware pendukung wireless network :

1. Access Point
Perangkat ini adalah perangkat standar yang digunakan untuk Access Point. Access Point dapat berupa perangkat Access Point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standar monitor serta firewall, dan lain sebagainya. Access Point ini dapat dipasangkan pada sebuah hub, modem, atau alat-alat lainnya untuk menghubungkan komputer dengan wireless ke dalam sebuah network lain.

2. PCMCIA Adapter
Perangkat ini dapat ditambahkan pada notebook pada PCMCIA slot. Model PCMCIA juga tersedia dengan tipe G atau double transmit.

3. USB Wireless Adapter
Perangkat baru dan praktis pada teknologi wireless. USB Wireless Adapter ini mengambil power sebesar 5 V dari USB port. Untuk kemudahan USB Wireless Adapter ini dapat dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC. Tetapi pada perangkat USB Wireless Adapter ini memiliki batasan. Sebaiknya menggunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem wireless mampu mencapai data rate sebesar 54 Mbps. Bila memerlukan kepraktisan, maka penambahan perangkat USB Wireless Adapter ini adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power yang kecil dari USB port, USB Wireless Adapter ini memilki jangkauan yang rendah, selain bentuk antenna yang ditanam di dalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangkat ini.

4. USB Add-on PCI Slot
Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat wireless pada sebuah komputer. Sama kemampuannya dengan PCI Card Wireless Network tetapi menggunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut. Perangkat ini juga dapat diaktifkan sebagai Access Point melalui software driver. Kekuatan alat ini terletak pada antenna, dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Card Wireless Network.

5. Mini PCI Bus Adapter
Perangkat untuk wireless pada notebook yang berbentuk card yang ditanamkan di dalam case notebook. Berbeda dengan card yang digunakan pada komputer dengan PCI Interface. Mini PCI Bus Adapter adalah slot PCI yang telah disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti wireless adapter di dalam sebuah notebook. Umumnya perangkat ini tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan Super G sudah dijual bebas untuk upgrade wireless adapter bagi sebuah notebook.

6. PCI Card Wireless Network
PCI Card Wireless Network dapat juga berupa sebuah card wireless yang ditancapkan pada slot komputer atau dengan mengambil power dari USB tetapi dipasangkan pada PCI slot. Perangkat ini dapat juga diaktifkan menjadi Access Point. Perangkat jenis ini dipasangkan permanen pada sebuah desktop PC.

0 komentar:

Post a Comment