RSS Feed

Definisi, Manfaat, Jenis, dan Protokol Jaringan Komputer

Posted by WeBlogShare Label:

1. DEFINISI JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang saling terhubung diantara satu dengan yang lainnya. Informasi dan data bergerak melalui kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer untuk dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama pula menggunakan hardware atau software yang terhubung ke dalam jaringan. Tiap komputer, printer atau peralatan lainnya yang terhubung ke dalam jaringan disebut node.

2. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Secara umum, jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi yaitu diantaranya :
# Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

# Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

# Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data. Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

# Jaringan memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

# Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

2. JENIS JARINGAN KOMPUTER
# LAN (Local Area Network)
Sebuah LAN adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan secara bersama yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area tertentu yang tidak begitu luas, seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, ataupun sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

# MAN (Metropolitan Area Network)
Sebuah MAN meliputi area yang lebih besar daripada LAN, misalnya antar wilayah dalam satu kota. Dalam hal ini jaringan akan menghubungkan beberapa jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.

# WAN (Wide Area Network)
Sebuah jaringan yang lingkupnya, biasanya sudah menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut.

3. PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER
Protokol adalah aturan-aturan yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk didalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode untuk mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe kabel, dan kecepatan transfer data.

# ETHERNET
Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection). Metode yang menjelaskan bahwa setiap komputer akan memperhatikan dahulu kondisi dari jalur data (kabel) dalam jaringan sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas, maka komputer akan mentransmisikan datanya, dan sebaliknya jika dalam jaringan ada aktifitas, maka komputer akan menunggu dan akan mencoba untuk kembali mentransmisikan datanya jika keadaan jaringan telah bersih. Kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi data pada saat yang bersamaan, ketika hal ini terjadi, maka masing-masing komputer akan mundur sesaat dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan kembali datanya. Metode ini dikenal dengan nama koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari jaringan. Ethernet digunakan pada topologi Bus, Star, dan Tree. Data ditransmisikan melalui kabel twisted pair, coaxial, dan fiber optic dengan kecepatan transfer data mencapai 10 Mbps.

# LOCALTALK
LocalTalk adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh Apple. Metode yang digunakan adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). LocalTalk digunakan pada topologi Bus, Star, dan Tree. Data ditransmisikan melalui kabel twisted pair dengan kecepatan transfer data hanya mencapai 230 Kbps.

# TOKEN RING
Token Ring adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM. Metode akses yang digunakan adalah token. Sebuah sinyal token akan bergerak berputar dalam sebuah lingkaran yang berbentuk cincin, dan bergerak dari sebuah komputer menuju komputer lainnya. Jika dalam persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang akan ditransmisikan, maka token tersebut akan mengangkutnya ke tempat dimana data tersebut ditujukan, dan token akan bergerak berputar terus untuk saling mengkoneksikan komputer-komputer yang dilaluinya. Token Ring digunakan pada topologi Star. Data ditransmisikan melalui kabel twisted pair dan fiber optic dengan kecepatan transfer data mencapai 4 hingga 16 Mbps.

# FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
FDDI adalah sebuah protokol jaringan yang pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer, bahkan pada jarak yang jauh. Metode akses yang digunakan adalah token. FDDI menggunakan dua buah topologi Ring secara fisik. Proses transmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah di salah satu ring, maka secara otomatis akan menggunakan ring yang kedua. Data ditransmisikan melalui kabel fiber optic dengan kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps.

# ATM (Asynchronous Transfer Mode)
ATM adalah sebuah protokol jaringan yang pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN. ATM juga banyak dipakai oleh para ISP (Internet Service Provider) untuk meningkatkan kecepatan konektivitas akses Internet kliennya. ATM akan mentransmisikan data kedalam satu paket, dimana protokol lain hanya mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM digunakan pada topologi Star. Data ditransmisikan melalui kabel twisted pair dan fiber optic dengan kecepatan transfer data mencapai 155 Mbps bahkan lebih.

0 komentar:

Post a Comment